TUGAS
ILMU BUDAYA DASAR
ISD
sebagai Salah Satu MKDU
NAMA : FEBY RENDRA FEBRIANI
NPM : 14514139
KELAS : 1PA15
Kata Pengantar
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, penulis dapat
menyelesaikan tugas makalah ini yang berjudul “ISD sebagai Salah Satu MKDU.” Dalam pembuatan makalah ini, penulis mendapatkan
informasi dari sumber terpercaya. Penulis menyadari bahwa masih jauh dari kata
sempurna untuk itu penulis menerima kritik dan saran yang bersifat membangun untuk
lebih menyempurnakan masalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi pembaca,
akhir kata penulis mengucapkan terima kasih.
Pendahuluan
A.
Latar Belakang
Di zaman sekarang ISD
(Ilmu Sosial Dasar) dan IPS (Ilmu Pengetahuan Umum) sudah berkembang pesat.
Namun beberapa orang belum mengerti maksud, tujuan, persamaan, perbedaan ISD
dan IPS itusendiri, serta keterkaitan dua teori tersebut dengan IBD (Ilmu Budaya
Dasar). ISD umunya dipelajari oleh mahasiswa, sedangkan IPS dipelajari oleh siswa.
B.
Tujuan
Tujuan ditulisnya makalah
ini untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai apa saja pengertian,
tujuan, persamaan, perbedaan serta keterkaitan dua teori tersebut.
1.1 Pengertian
Ilmu Sosial Dasar yaitu ilmu yang mempelajari masalah-masalah
sosial, khususnya masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan
Teori (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian
dalam lapangan ilmu sosial (seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial,
Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah) MK.
1.1.1 Tujuan ISD:
1. Memahami dan menyadari adanya
masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
2. Warga Indonesia memiliki sikap
dan tingkah laku yang baik dalam masyarakat. Agar tidakterjadi keributan atau pun
kericuhan.
3. Peka terhadap masalah-masalah
social dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha mencegah dan menanggulanginya.
1.1.2 Kelompok Ilmu Pengetahuan:
a. Ipa Murni ( Fisika, Kimia,
Biologi, Astronomi)
b. Pengetahuan Ips ( Sosiologi,
Politik, Ekonomi, Sejarah, Psikologi )
c. Kemasyarakatan ( Bahasa,
Agama, Kesenian, Sastra)
1.2.1 Adapun perbedaan antara keduanyaadalah :
1.
Ilmu
Sosial Dasar diberikan di PerguruanTinggi, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan
di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
2.
Ilmu
Sosial Dasar merupakan satu mata kuliah tunggal, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial
merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
3.
Ilmu
Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang Ilmu Pengetahuan
Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.
1.2.2 Adapun persamaan antara keduanya adalah :
1.
Kedua-duanya
merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.
2.
Keduanya
bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
3.
Keduanya
mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan social dan masalah sosial.
1.3 Ruang Lingkup
ISD
1.3.1 3 golongan bahan pembelajaran ISD antara lain
:
a. Kenyataan-kenyataan
sosial yang ada dalam masyarakat. Meliputi, latar belakang disiplin ilmu atau pandangannya.
b. Konsep-konsep
social atau pengertian-pengertian tentang kenyataan social dibatasi pada konsep
dasar yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah yang dibahas dalam ilmu pengetahuan
sosial.
c. Membahas
masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
Daftar
Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar