Senin, 27 Oktober 2014

Tugas IBD (ISD sebagai Salah Satu MKDU) - Universitas Gunadarma




TUGAS ILMU BUDAYA DASAR
ISD sebagai Salah Satu MKDU


NAMA                 : FEBY RENDRA FEBRIANI
NPM                    : 14514139
KELAS                : 1PA15  


Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, penulis dapat menyelesaikan tugas makalah ini yang berjudul “ISD sebagai Salah Satu MKDU.”  Dalam pembuatan makalah ini, penulis mendapatkan informasi dari sumber terpercaya. Penulis menyadari bahwa masih jauh dari kata sempurna untuk itu penulis menerima kritik dan saran yang bersifat membangun untuk lebih menyempurnakan masalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi pembaca, akhir kata penulis mengucapkan terima kasih.



Pendahuluan


A.   Latar Belakang

Di zaman sekarang ISD (Ilmu Sosial Dasar) dan IPS (Ilmu Pengetahuan Umum) sudah berkembang pesat. Namun beberapa orang belum mengerti maksud, tujuan, persamaan, perbedaan ISD dan IPS itusendiri, serta keterkaitan dua teori tersebut dengan IBD (Ilmu Budaya Dasar). ISD umunya dipelajari oleh mahasiswa, sedangkan IPS dipelajari oleh siswa.


B.   Tujuan

Tujuan ditulisnya makalah ini untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai apa saja pengertian, tujuan, persamaan, perbedaan serta keterkaitan dua teori tersebut.



1.1     Pengertian

Ilmu Sosial Dasar yaitu ilmu yang mempelajari masalah-masalah sosial, khususnya masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan Teori (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu sosial (seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah) MK.

1.1.1     Tujuan ISD:
1.     Memahami dan menyadari adanya masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
2.     Warga Indonesia memiliki sikap dan tingkah laku yang baik dalam masyarakat. Agar tidakterjadi keributan atau pun kericuhan.
3.     Peka terhadap masalah-masalah social dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha mencegah dan menanggulanginya.

1.1.2     Kelompok Ilmu Pengetahuan:
a.     Ipa Murni ( Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi)
b.     Pengetahuan Ips ( Sosiologi, Politik, Ekonomi, Sejarah, Psikologi )
c.      Kemasyarakatan ( Bahasa, Agama, Kesenian, Sastra)



1.2     ISD dan IPS

1.2.1     Adapun perbedaan antara keduanyaadalah :
1.  Ilmu Sosial Dasar diberikan di PerguruanTinggi, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
2.  Ilmu Sosial Dasar merupakan satu mata kuliah tunggal, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
3.  Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.

1.2.2     Adapun persamaan antara keduanya adalah :
1.  Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.
2.  Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
3.  Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan social dan masalah sosial.




1.3     Ruang Lingkup ISD

1.3.1      3 golongan bahan pembelajaran ISD antara lain :
a.    Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat. Meliputi, latar belakang disiplin ilmu atau pandangannya.
b.    Konsep-konsep social atau pengertian-pengertian tentang kenyataan social dibatasi pada konsep dasar yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah yang dibahas dalam ilmu pengetahuan sosial.
c.     Membahas masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.




Daftar Pustaka



Tidak ada komentar:

Posting Komentar